Sabtu, 04 Agustus 2018

Tugas Laporan Administrasi Server Jaringan


Hi, Guys! kali ini saya akan menjelaskan apa saja yang saya pelajari selama seminggu ini tentang ASJ (Administrasi Server Jaringan)di SMK Asisi. Yang saya pelajari selama seminggu ini adalah mempelajari cara membuat jaringan server menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, pada proses penginstallan sistem operasi Linux nya saya menggunakan Oracle Virtual Box. Bagi kalian para pembaca ingin mencoba membuat jaringan silahkan mendownload modul tutorialnya di sini, cara-caranya lengkap dan jga ada gambar jadi ga perlu bingung klo ada masalah di step-stepnya bisa diliat yang bakal mempermudah dalam prosesnya, dan disarankan untuk mengikuti step-step dengan benar jika mengikuti stepnya tidak sesuai atau tertinggal bisa menyebabkan error pada penginstallan. Saya diajarkan cara mengkonfigurasi jaringan dan hostname. 
Contohnya seperti ini:


Konfigurasi Interface
Address : 192.168.0.18
Netmask : 255.255.255.0
Network : 192.168.0.0
Broadcast  : 192.168.0.255
Gateway : 192.168.0.1
Nameserver : 192.168.1.1 8.8.8.8


Lalu saya juga diajarkan beberapa kalimat perintah pada Linux Ubuntu, seperti :
- #systemctl restart networking   = untuk merestart konfigurasi interface jaringan.
- #systemctl status networking    = untuk mengecek status jaringan.
- #nano /etc/hostname = untuk mengubah hostname.
- $sudo -i = mengubah menjadi root. (sudo adalah singkatan dari super user do)
Berikut contoh-contoh dari kalimat perintah pada Linux Ubuntu yang saya sebutkan tadi.
                                

                                          Contoh dari kalimat perintah "$sudo -i"


                                

                                Contoh dari kalimat perintah  "#systemctl status networking"


                                  

                                Contoh dari kalimat perintah "#systemctl restart networking"


                                   

                                      Contoh dari kalimat perintah "#nano  /etc/network/interfaces"


Demikian laporan saya tentang pembelajaran yang saya pelajari selama seminggu ini. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda semua, mohon di maafkan. Sekian dan terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar